Dewi Setyawati, SP. Lahir di Metro pada tanggal 21 Juni 1978,  hingga menyelesaikan SMA menetap  di Pekalongan-Metro-Lampung. Menapak pendidikan dasar di SDN I Yosodadi Metro (lulus 1989), SMPN 1 Metro (lulus 1993) dan SMAN 1 Metro (lulus 1996). Memperoleh panggilan Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) pada tahun 1996 dengan mengambil Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Institut Pertanian Bogor dan lulus pada November 2000.

Tertarik untuk mengembangkan minat bidang penelitian, setelah lulus pernah menjadi tenaga freelancer pada Centre for Economics and Social Studies di Jakarta (Desember 2000-Juli 2001). Selanjutnya mengisi lowongan sebagai asisten peneliti (dan kemudian sebagai project officer/asisten kepala pusat) pada Pusat Studi Pembangunan Institut Pertanian Bogor sejak 8 Agustus 2001, yang masih tetap bergabung hingga perubahan institusi menjadi Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan, IPB. Berbagai pengalaman penelitian (baik keterlibatan dalam substansi maupun manajemen proyek) diperoleh dengan banyak berkecimpung dalam studi yang diantaranya terkait dengan agribisnis, pembangunan pertanian dan pedesaan, pelayanan publik dan tata pemerintahan. Pada bulan Mei 2008 hingga saat ini bergabung dengan Kantor Audit Internal IPB pada bidang akademik.

Pada 3 September 2005 menikah dengan Irza Ridwan, S.Hut, M.Si., dan  dengan mukzizat-Nya lahir putri kembar kami pada tanggal 30 Juli 2006. Faiza Muthia Ridwan dan Fadya Melinda Ridwan, dua putri ini senantiasa memberikan ‘energi positif’ bagi kami.